Wednesday, November 21, 2012

Proposal Skripsi

Malam ini, saya lagi mau cerita, soalnya bosen kalo dipendem terus dalam hati, *haha.. Cerita ini bukan fiktif, apalagi rekayasa belaka, Cerita ini asli saya ambil dari sekian banyak masalah dalam hidup saya {ya ampun, gue seriuss amat.. *haha}. Cerita ini saya beri judul...... --> PROPOSAL SKRIPSI. {gede ya tulisannya, segede penderitaan saya cuma untuk ini}.
Sebelum memulai cerita, saya mau kasih informasi penting dulu (*bagi yang belum tahu apa itu proposal skripsi, proposal skripsi itu semacam tulisan yang saya ajukan untuk judul penulisan skripsi saya, jumlah halamannya sekitar 30an lebih. Karena masih dalam bentuk pengajuan, makanya dinamakan "proposal" skripsi).

Cerita ini bermula ketika saya konsul untuk pertama kalinya dengan dosen pembimbing skripsi {disingkat PS). Saya mendapat dua PS, PS pertama namanya Ibu Ermadiani dan PS kedua namanya Ibu Dewi Rina. PS kedua saya sedang pergi menunaikan ibadah haji waktu itu, jadi saya bimbingan skripsi dgn PS satu terlebih dulu. Saat akan menghadap PS satu, saya menuju ke ruangannya sambil membawa proposal skripsi, melangkah dengan perlahan dan malu, lalu saya masuk ke ruangannya. Setibanya didalam, saya duduk di depan mejanya, dan akhirnya bertatap muka dengan PS satu saya. Saya gugup, karena ini merupakan pertama kalinya. -__-"
.............
Saya menyerahkan proposal tersebut dengan sepenuh hati. :*) .. Lalu PS saya melihatnya, saat melihat bagian cover judul. {ingat!! baru cover judul doank yang dilihat,, isi dan tulisan di dalamnya belum dilihat}.
Melihat judul proposal yang bertuliskan "Analisis Hubungan Antara Pemeriksaan Pajak Penghasilan Pasal 25 Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang Ilir Barat",
PS saya langsung banyak tanya, namun dengan sigap, saya mampu menjawab semua pertanyaan beliau. Setelah sesi tanya jawab itu selesai, akhirnya beliau mengatakan jurus terakhirnya, *kata" yang sebenarnya tidak ingin saya dengar*. Beliau mengatakan kalau judul proposal skripsi saya udah terlalu banyak dibahas oleh mahasiswa sebelumnya, dan beliau kurang tertarik dengan judul proposal saya itu, sehingga beliau menyarankan kalau saya seharusnya ganti judul.
#Jleeeebbbb...... Mendengar kata" itu, hati ini rasanya diiris" dengan pisau, membuat saya tak kuat menahan rasa sakitnya, hingga mati rasaaa. :(
Padahal kalo saya perhatikan, judul skripsi saya tidak sama dengan skripsi-skripsi kk tingkat yang ada di perpus fakultas. Mungkin karena saya mengangkat tentang Pajak Penghasilan (PPh), makanya beliau tidak setuju, karena memang PPh yang paling umum diangkat di skripsi tentang perpajakan, tapi inti masalah yang saya angkat di skripsi saya itu berbeda dengan masalah-masalah di skripsi tentang PPh yang sebelumnya. Ini mungkin salah satu dilema dosen yang hanya melihat dari judulnya saja, tanpa membaca dengan teliti isi di dalamnya.
Selain itu yang membuat saya semakian sakit lagi, banyak teman saya yang mengambil judul proposal skripsi yang hampir sama dengan skirpsi kakak tingkat sebelumnya. dan akhirnya proposal mereka malah diterima oleh PS mereka. Tapi mengapa PS satu saya ini sepertinya lebih idealis, dan lebih senang melihat mahasiswanya susah. {PS yang kayak ibu tiri} :"(
Mengapa dia seperti itu, Pernahkan dia berfiiiiiikkiiiiiiiiir bagaimana perjuangan saya selama ini menyelesaikan proposal itu. *huuffhh..
Akhirnya, saya hanya meng-iyakan saran beliau, mengucapkan terimakasih, lalu keluar dari ruangannya dengan hati yang hampa dan pikiran yang kosong. (0__0)

Setibanya saya di kosan, saya mencoba berfikir positif. Mungkin ini memang cobaan yang harus saya hadapi, saya tidak boleh putus asa, saya harus tetap sabar dan tawakal menghadapi Pembimbing Skripsi yang seperti itu.
Nasehat yang selalu saya ingat "Dalam setiap langkah hidup, hambatan bisa datang kapan saja, menyerah tidak akan menyelesaikan masalah, saya harus optimis menghadapinya sampai masalah tersebut terselesaikan." :)
Namun...... Kenyataan yang sebenarnya terjadi, saya selalu lupa akan kata" penyemangat itu, bahkan tanpa sadar, akhir" ini.. sifat malas yang selalu muncul dalam diri saya. *haha :((
Akhirnya setelah waktu berlalu, dari hari ke hari, minggu ke minggu, hingga 1 bulan lamanya, saya masih belum juga mulai mengerjakan proposal skripsi dengan judul yang baru. *huuuffffhh
Ya Allah .. mungkinkah aku sudah pasrah atau hanya kecewa untuk sejenak. :'')
.................
What should I do??
How do I can solve this problem?
.................

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar Anda...